Tuesday, November 24, 2015

Siapakah Lucy si Australopithecus di Google Doodle




Hari ini 24 November 2015, saat buka google ada gambar kera berjalan yang bertranformasi menjadi manusia berjalan di halaman google. Saat kursos diletakkan pada gambar tersebut akan ada tulisan Ulang Tahun ke-41 Penemuan Lucy. Nah Saat di klik akan tertuliskan keyword "Siapakah Lucy si Australopithecus".

Google berhasil membaca benak orang-yang yang dibuat penasaran dengan Doodle-nya hari ini. saya sendiri juga bertanya-tanya siapakah Lucy itu. Saya pun akhirnya menemukan jawabannya dengan membaca berbagai situs yang mengulas tentang Si Lucy ini.

Nah menurut Wikipedia, Lucy ini adalah seekor kera besar betina dari spesies Australopithecus afarensis yang ditemukan di Desa Hadar, Etiopia oleh seorang Paleontropolog bernama Donald Johanson pada tahun 1974. Si Lucy ini diperkirakan hidup pada 3,2 Juta tahun yang lalu. Dan saat ditemukan Si Lucy berupa fosil dengan kelengkapan kerangka tulang sebanyak 40%.


Kenapa Spesies Australopithecus afarensis dinamakan Lucy? 

Ternyata saat ekspedisi untuk menemukan si Lucy ini, Tim Penemu secara berulang-berulang memainkan lagu The Beatles yang berjudul 'Lucy in the Sky with Diamonds'.Lagu inilah yang menjadi inspirasi penamaan si Lucy.

Hal yang menjadi pertanyaan dan masih belum ditemukan sampai sekarang dari Lucy ini adalah penyebab kematiannya.Belum ada ahli yang mengetahui apa penyebab kematiannya.

Untuk melihat fosil si Lucy ini bisa kunjungi Museum Nasional Etiopia, di Addis Ababa.

Sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat:)


EmoticonEmoticon