Thursday, June 25, 2015

Fitur Terbaru Gmail : "Undo Send" - Membatalkan Email yang Sudah Terkirim

Undo Send Gmail


Pernah salah kirim email? Atau email yang seharusnya dikirim ke teman A salah kirim ke teman B. Atau Email yang harusnya dikirim ke klien A ternyata salah kirim ke  klien B. Salah kirim email bisa saja menjadi awal dari suatu masalah. Dan kadang bisa menjadi sesuatu yang memalukan. Apalagi jika email yang salah kirim menyangkut suatu  rahasia, bisa-bisa berabe..

Saya sendiri beberapa waktu lalu pernah ditanya oleh rekan kantor yang salah kirim email attachment. Harusnya attachment-nya tidak dikirim ke A akan tetapi sudah terlanjur dikirim. Rekan kantor saya itu bertanya "Gimana ya biar attachment ini tidak bisa dilihat oleh si A?" . Saya tanya balik " Emailnya sudah dikirim? ". "Sudah", jawab rekan kantor saya. Lalu saya bilang, karena sudah terlanjur dikirim, maka tidak bisa dibatalkan dan otomatis attachment-nya bisa dibaca oleh penerima email.

Nah, jika Anda pernah mengalami seperti halnya cerita di atas, sekarang ini jangan khawatir bagi Anda yang menggunakan Gmail sebagai Email Anda. Gmail saat ini memiliki fitur baru yang namanya "Undo Send" yang memungkinkan pengguna Gmail untuk membatalkan email yang sudah terlanjur terkirim. Undo Send ini dapat digunakan hanya untuk email yang baru terkirim antara 5-30 detik. Jadi, Jika Anda menginginkan email yang lebih dari 30 detik atau bahkan berhari-hari terkirim fitur ini tidak mendukung untuk itu.

Secara default, fitur ini tidak aktif pada Gmail.Oleh karena itu, untuk mengaktifkannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk akun Gmail Anda.
  2. Klik icon Gerigi pada kanan atas gmail
  3. Pilih Setting / Setelan
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan tulisan Undo Send atau Urung Kirim (Bahasa Indonesia), Centang untuk mengaktifkan.
  5. Pilih waktu pembatalan antara 5-30 detik
  6. Simpan


Mudah khan? Dan Selamat Fitur Undo Send sudah aktif pada gmail Anda.

Sekian Sharing kali ini. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon