Friday, April 19, 2013

Mengatasi Error Pada Login Wordpress Karena Plugin W3 Total Cache

Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah error saat login wp-admin. Hal itu terjadi setelah salah satu plugin W3 Total Cache saya update. Pesan error-nya seperti ini:

Fatal error: Uncaught exception 'FileOperationException' with message '<strong>/home/u818064809/public_html/wp-content/w3tc-config/master.php</strong> could not be created, please run following command:<br /><ul><li><strong style="color: #f00;">chmod 777 /home/u818064809/public_html/wp-content/cache/tmp</strong></li><li><strong style="color: #f00;">chmod 777 /home/u818064809/public_html/wp-content/w3tc-config</strong></li>' in /home/u818064809/public_html/wp-content/plugins/w3-total-cache/inc/functions/activation.php:127 Stack trace: #0 /home/u818064809/public_html/wp-content/plugins/w3-total-cache/lib/W3/ConfigWriter.php(159): w3_throw_on_write_error('/home/u81806480...', Array) #1 /home/u818064809/public_html/wp-content/plugins/w3-total-cache/lib/W3/Config.php(71): W3_ConfigWriter->save() #2 /home/u818064809/public_html/wp-content/plugins/w3-total-cache/lib/W3/CloudFlare.php(174): W3_Config->save() #3 /home/u818064809/public_html/wp-content/plugins/w3-total-cache/lib/W3/Plugin/CloudFlare.php(52): W3_CloudFlare->update_i in /home/u818064809/public_html/wp-content/plugins/w3-total-cache/inc/functions/activation.php on line 127

Dari pesan error di atas, emang kayaknya yang membuat error adalahal plugin w3 total cache. Langsung dech saya coba googling adakah yang pernah mengalami error seperti saya. Dan hasilnya banyak juga yang mengalaminya. Dan saya temukan beberapa solusi dan saya ambil yang paling mudah.

Solusi paling mudahnya seperti berikut ini:

  1. buka program filezilla untuk koneksi ke server ftp. atau bisa juga buka file manager pada control panel hosting.

  2. buka file activation.php pada wp-content/plugins/w3-total-cache/inc/functions/activation.php .

  3. setelah file activation.php terbuka cari baris ke 127 atau cari kode throw new FileOperationException($error, 'create', 'file', $path);

  4.  beri tanda /* pada awal baris 127 dan beri tanda */ pada akhir barisnya. sehingga menjadi seperti: /*throw new FileOperationException($error, 'create', 'file', $path);*/

  5. jangan lupa disimpan dan di upload kembali.

  6. login ke wp-admin. dan pesan error pasti hilang dan form login pasti tampil kembali.

  7. setelah masuk dashboard, deactive-kan plugin w3 total cache.


Pada dasarnya cara yang saya gunakan adalah untu men-deactive-kan plugin w3 total cache. Begitulah cara saya mengatasi error saat login di wordpress. Semoga dengan tulisan ini, teman-teman yang mengalami hal yang sama bisa terbantu. :)

11 comments

Saya pakai sekarang blogspot jadi belum pernah ngalamin error kaya diatas :)
dulu waktu pake wp sempet pakai plugin w3 tapi kadang bikin masalah, soalnya cache kayanya susah keapus (tampilan blog ga berubah walau ada update terbaru) kalau udah di cleaer cookies dll baru deh keliatan perubahannya

iya, kalo pake' blogspot memang gak pernah ada error seperti di atas. meskiput begitu saya tetap suka sama wordpress. dengan adanya error2 sy bisa tambah ilmu juga.

Hi,

Kalau saya lihat masalahnya, W3 Total Cache Gagal update gara2 privilege, dan dia meminta akses penuh (777).

Kali saya cara gampangnya, kasih chmod 777 folder yang dia minta, atau delete folder plugin w3 total cache lalu install lagi. :)

W3 total cache memang plugin wp paling hebat yang pernah ada. Saya sangat suka dengan plugin yang satu ini.

Nadiar
Ngeblog.co

berarti line ke 127 itu di jadikan komentar di file php tersebut.. :D

yap, begitulah..

salam kenal mas Nadiar, terima kasih tambahan caranya.

itu yang bikin aku males pake w3.. kadang error n ngeblank hehehe..

bener2 mas. apa ada plugin lain yang fungsinya hampir sama seprti W3 mas?

yaah.. nemu juga solusinya disini ... oh ya neng arfi, tau plug in untuk nampilin recent comment tanpa author gak yaw ??

trims & salam kenal

Thanks mas infonya setelah sy praktekkan beres errornya.... : D

Sama2,senang tulisan bisa bisa membantu.
Terima kasih sudah berkunjung.:)


EmoticonEmoticon